MEMILIH BURUNG PLECI

Burung Pleci adalah burung koloni yang hidup secara sosial bergerombol. Di habitatnya, makanan utama burung Pleci adalah buah-buahan, nektar dari bunga tumbuhan buah yang manis, serangga kecil, ulat, pupa, larva, telur semut (kroto). 

Sebutan nama untuk burung Pleci sangat beragam, ada yang menyebutnya burung Kacamata, Perci, Perenjak Kacamata, Mata Puteh dan lain-lain. Jenis burung Pleci banyak dan beragam, lihat http://id.wikipedia.org/wiki/Zosterops untuk referensi jenis dan daerah penyebarannya.

Burung mungil ini (burung Pleci) termasuk burung yang monomorpic, artinya burung berkelamin jantan dan betina memiliki tampilan fisik yang sama.

Tapi dengan pengamatan fisik yang lebih seksama, kita bisa membedakan jenis kelaminnya :

Burung Pleci Jantan

  1. Postur badan lebih panjang proporsional.
  2. Kepala cenderung lebih besar.
  3. Bola mata besar dengan garis melingkar kacamata yang putih solid dan lebih tebal.
  4. Paruh panjang dan lebih tebal.
  5. Kaki jenjang atau lebih tinggi.
  6. Ekor lebih panjang dengan ujung ekor berbentuk V.

Burung Pleci Betina

  1. Postur badan cenderung berbentuk bulat lebih pendek.
  2. Kepala lebih kecil.
  3. Bola mata ukuran normal dengan garis melingkar kacamata yang lebih tipis dan tidak solid.
  4. Paruh umumnya lebih pendek dan tipis.
  5. Kaki lebih pendek.
  6. Ekor lebih pendek dengan ujung ekor yang rata.

Tips panduan memilih Burung Pleci Jantan sebagai penyanyi unggul

  1. Burung bergerak lincah dan agresif.
  2. Burung tidak cacat.
  3. Postur badan sedang dan panjang proporsional.
  4. Bulu kering, rapi tidak kusam dan sayap mengepit rapat simetris.
  5. Kepala lebih besar dengan leher panjang padat berisi.
  6. Pangkal paruh lebar, paruh tebal panjang selaras dengan lebar pangkal paruh.
  7. Kaki kering dan mencengkram kuat pada tangkringan.

Salam Plecimania…

Tim Admin PCMI.

Komentar
  1. ary mengatakan:

    mas bro saya punya pleci mata putih, tapi blum jd masteran.
    Tlong tips nya dong supaya jd pleci master.
    Trimakasih.

  2. Surya manggala kusuma mengatakan:

    Aku suka dgn artikel ini smoga bermanfaat buat ku juga buat para pecinta burung

  3. Hadi Prayitno Araya mengatakan:

    terima kasih om.Moga sukses

  4. byan mengatakan:

    Ada yg tau dimana yg jual hormon steroid buat burung ƍäª ????

  5. april mengatakan:

    mas klo burung pleci betina berkicau tidak,trims

  6. dicky mengatakan:

    Kk saya bru pemula di bidang pleci ini sya punya pleci dah ci ci cuitan tapi enggak rajin tapi postur nya proposional ekor nya panjang tapi pangkal nya rata mohon di balas y kk” salampleci mania

  7. kimung mengatakan:

    posting photo ekor yg bntuk “v” nya dong mas

  8. Mbah Jenggot mengatakan:

    weleh-weleh saya jadi ikutan pelihara pelci neh…. kok kayaknya pecinta burung itu juga mudah terpengaruh trend, padahal kala sebelum kalian-kalian ada di dunia ini, burung pleci itu saya tengok aja kagak, lha kok sekarang saya jadi suka pleci, ini pertanda apa ya….

  9. boal-boil mengatakan:

    om numpang brgabung saya mash pemula bnget dgn burung pleci yg ingin saya tanya tolong om gmana perbedaan pleci jantan dan pleci betina dari suaranya? Apa yg betinanya suarang ngeriwik,ngelas,ngeplong jg sperti jantan?

    • sali mengatakan:

      maaf gan ..kalau secara pengamatan pribadi saya jantan dan betina sama -sama bersuara cuman kalau jntan manggilnya ada yang 2- 3 cuitan nah kalau betina cuman 1 X aja mudah 2 dapat membantu agan dari pengalaman saya , dan ter nyata benar di rumah saya ada 1 yang lagi belajar ngeplong bunyi cuitnya sampai 3 x .

  10. boal-boil mengatakan:

    gan saya pemula dlm bdang pleci yg mau saya tanyakan apa prbedan pleci jantan sama pleci betina dlm hal suara? Kalau pleci betina bersuara tdak?

  11. Moch Adhi Nugraha (DHONAT) mengatakan:

    Siang om om pleci mania….salam kenal yah….
    Om saya baru kemarin neh adopsi pleci 3 ekor….
    Mohon pencerahaannya yh om…
    Tiga3’a pada berisik om kalo pagi siang sore bahkan malem jga suka berisik…
    gmn om cara” or tips” agar burung bisa masteran kyk punya om om sekalian…hehehe…
    trims banyak…

  12. cepex mengatakan:

    mlm om om pleci mania..
    salam kenal semua…,mohon di bantu ya om ? saya punya pleci katanya jenis jawa timur koq gladak terus ya om tiap di deketi slalu begitu…minta tips nya supaya gak gladak…trims sebelumnya

  13. Anggi mndp mengatakan:

    Om burung pleci agar cepat berkicau kan minimal dua . . .nah supaya cepat berkicau yang satunya harus jantan atau betina? . . . . .tlong di blzz . . .thanks?

  14. Robert mengatakan:

    agan saya baru punya pleci 2 ekor,,,tapi masih saya gabungin dalam satu kandang,,,,menurut agan itu bagus apa kurang bagus,,,,tapi kalo di pisahkan cuma bisa saut2 tan,,,suaranya lumayan keras,,,tolong gan berikan tips nya,,,biar gacor abis,,,,

  15. hilmanel juhdan mengatakan:

    sy punya pleci tp ukurany agak besar,jenis pleci apa,bagus g?

  16. dani mengatakan:

    om irfan@ pc betina pa jg bisa ngriwik om?
    Mhn bimbingannya.. Trims

  17. bejo mengatakan:

    klol yg teler supaya keras gmna ya..?

  18. anggit mengatakan:

    aku punya pleci kok kadang2 bunyi..ciirrrr…cirrr…cirrr,apa itu betina?

  19. Om emangnya kalo pleci btina itu ngrwik jga tah om? Tlong di blz ya om

  20. David mengatakan:

    Om. Kalompleci nabrak kandang knp ya?

  21. kiki feek mengatakan:

    saya punya pleci mata putih gmn perawatan yg baik dan cepat bunyi

  22. Ibnu Thuba mengatakan:

    tolong donk
    jenis pleci yang bgaimana yang cepat buka paruh. .
    Q punya pc dada putih biasa 3 ekor, sudah hampir 1 tahun gak gacor2

  23. alek mengatakan:

    saya pemula main burung pleci
    awalnya kawan saya sdh bosan bermain burung pleci yg diwariskan kesaya. pleci saya sdh ada isian kenari sama pentet. sampai saat ini suaranya blm terbuka. bgmn supaya suaranya terbuka
    terima kasih tlg dibalas

  24. Rani mengatakan:

    mas aku cinta kamu ,mau gak kamu jadi suamiku

  25. rinto mengatakan:

    om aku mau tnya…
    brung ku udah 4 bulan nggak bunyi2.caranya buat cpet bunyi gmana ya…?

  26. andre mengatakan:

    mau tau caranya agar pleci makan voer gak caranya adalh gabungkan pleci yang sdah makan voer dengan pleci yang bakalan pasti akan ikut makan voer juga contohnya tuh sirfu saya gabung sama pleci jadi makn pisang padahal makannya uler

  27. ali topan mengatakan:

    plenci ane udh lama tp sulit buka paruh gan, gmn trik byr cpt buka paruh,

  28. wahyu pamungkas mengatakan:

    om,gmana cara agar burung yang sakit,bisa sembuh??^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s